JURNAL PERTAMA
TEMA:
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN SUPERMARKET SEKAR NARESWARI CIBUBUR
SUMBER : SRI RAHAYU NINGSIH
Latar belakang Masalah
FENOMENA
Sejalan dengan perkembangan yang berlangsung di
Indonesia saat ini dari tahun ke tahun proses pemenuhan akan kebutuhan hidup
terutama yang menyangkut mengenai kebutuhan primer serta sekunder meningkat
terus menerus. Hal ini menyebabkan manusia yang berperan sebagai konsumen
menginginkan proses pembelian barang-barang kebutuhan sehari-hari agar tercipta
lebih mudah, dimana pada saat ini kita semua mengenalnya sebagai sebuah tempat
belanja yang mudah dan langsung.
Hal tersebut di atas mendorong pengusaha-pengusaha
untuk menanamkan modalnya dibidang usaha retail serta memperluasnya. Dengan
munculnya usaha-usaha retail baru tersebut tentu dapat mempengaruhi pangsa
pasar yang sudah ada. Untuk itu maka perlu adanya peningkatan pelayanan
terhadap konsumen serta pemulihan strategi pelayanan yang tepat agar para
konsumen yang telah dikuasai dapat dipertahankan atau bisa menigkatkan konsumen
yang sudah ada tersebut.
Dengan adanya hal tersebut ternyata dapat dihadirkan
oleh para pelaku bisnis usaha retail yang menempatkan usaha-usaha retail
tersebut yang telah kita kenal dengan sebutan minimarket dalam sekala kecil dan
supermarket hingga supermarket yang dalam pemenuhan kebutuhan yang lebih besar.
Dalam hal ini peninjauan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah mengenai
supermarket.
Menurunnya tingkat pelayanan sebagai akibat dari
kegagalan dalam pelaksanaan pelayanan yang akan menyebabkan menurunnya jumlah
konsumen yang akan datang mengakibatkan kerugian pada usaha tersebut. Dengan dasar
tersebut diatas yang mendorong penulis mengambil judul “ANALISIS TINGKAT KEPUASAAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN KONSUMEN
SUPERMARKET SEKAR NARESWARI CIBUBUR”.
JURNAL / PENELITIAN YANG DI JADIKAN DASAR
Dalam pembuatan penulisan ini, khususnya untuk
memperoleh data dan kesimpulan yang objektif. Dan memenuhi permasalahan yang
dibahas, maka penulis melakukan berbagai cara untuk memperoleh data sebagai
hasil riset.
1.1 Objek penelitian
Yang menjadi objek penelitian dalam penulisan ini
adalah konsumen yang datang untuk berbelanja di supermarket Sekar Narewari
Cibubur.
1.2 Data / Variabel
Data yang digunakan dalam penelitian ini dibagi
menjadi dua bagian, antara lain :
a. Data Primer
Data yang diperoleh dari perusahaan secara langsung
dengan cara observasi dan wawancara langsung dengan pegawai toko dari
minimarket tersebut dan penyebaran kuisioner yang diberikan kepada 50 konsumen
yang datang berbelanja.
b. Data Sekunder
Data sekunder didapatkan secara tidak langsung melalui
studi pustaka dimana pengambilan data ini dimaksudkan untuk mendapatkan
data-data yang mendukung penulisan ini yang tidak diperoleh dari perusahaan.
1.3 Metode Pengumpulan Data / Variabel
Penulis menggunakan tiga cara pengumpulan data yang
dibutuhkan untuk penulisan ini :
a. Observasi yaitu mengadakan secara langsung
aktivitas kegiatan perusahaan.
b. Wawancara yaitu dengan cara mendatangkan dan
mewawancarai langsung pihak perusahaan yang bersangkutan, yaitu Bpk. Suparman
selaku MD di supermarket Sekar Nareswari Cibubur.
c. Kuisioner yaitu data yang didapat berdasarkan dari
sebaran daftar pertanyaan yang diberikan kepada 50 responden, yaitu para
konsumen yang berbelanja pada supermarket Sekar Nareswari Cibubur.
MOTIVASI PENELITIAN
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah
didapatkan maka penulis mencoba memberikan motivasi dari kelima dimensi yaitu
dimensi kehandalan, dimensi daya tangkap, dimensi kepastian, dimensi perhatian,
dan dimensi bukti wujud (bukti fisik) yaitu agar ditingkatkan kinerja dan
kualitas pelayanan, agar pelanggan tidak ragu apabila berbelanja di SuperMarket
Sekar Nareswari Cibubur. Yang menjadi prioritas utama adalah ketetapan
perusahaan untuk cepat tanggap dalam menghadapi masalah yang timbul,
pengetahuan, dan keterampilan karyawan karena belum sesuai dengan harapan
konsumen.
MASALAH PENILITIAN
a. Masalah – Masalah yang mempengaruhi tingkat
kepuasan konsumen terhadap SuperMarket Sekar Nareswari Cibubur berdasarkan
analisis dari kelima dimensi, dimensi kehandalan mempunyai X2 hitung
= 106,85, dimensi daya tangkap mempunyai X2 hitung = 48,72, dimensi
kepastian X2 hitung = 50,64, dimensi perhatian mempunyai X2
hitung 56,88, dan dimensi bukti wujud dengan X2 hitung = 107,32.
Dari kelima dimensi tersebut dimensi kehandalan dan dimensi bukti wujud yang
sangat berpengaruh dengan kepuasan konsumen, karena dengan kehandalan Indomaret
dalam menyediakan berbagai macam merek dan produk serta pelayanan karyawan yang
ramah sehingga konsumen merasa dilayani dengan baik, begitu juga dengan keadaan
toko yang rapi dan bersih sehingga konsumen nyaman berbelanja di Indomaret
tersebut.
b. Dari analisis yang dilakukan terhadap kualitas
pelayanan terlihat baik, ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan
menggunakan Chi Square X2 hitung = 342,885 yang berarti Terima Ha, begitu juga
dengan hasil perhitungan dengan menggunakan Skala Likert sama yaitu Terima Ha.
Ini berarti konsumen secara umum telah merasa puas dilihat dari tingkat
kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan dengan melihat 5 dimensi
yaitu dimensi kehandalan, daya tangkap, kepastian, perhatian, dan bukti fisik
yang ada. Dengan memiliki tingkat kesesuaian lebih dari 90% (95,18%). Sehingga
pelayanan yang diberikan secara umum sesuai dengan harapan konsumen.
TUJUAN PENELITIAN
Adapun tujuan dari penulisan dalam menerapkan tingkat
pelayanan pada “Supermarket Sekar Nareswari Cibubur” adalah sebagai berikut :
- Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kelima dimensi pelayanan (dimensi kehandalan, daya tangkap, kepastian, perhatian, dan bukti fisik) terhadap konsumen yang datang.
sumber : http://iqbalbadgley.blogspot.com/search/label/METODE%20RISET
Tidak ada komentar:
Posting Komentar