Selasa, 23 Oktober 2012

Analisis Jurnal 1


Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetian Merek

(Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya), F Foedjiwati,2005

Tema : Daya Tarik Sebuah Restoran Dalam Menarik Konsumen di Berbagai Wilayah di Indonesia

1.1 Latar Belakang Masalah

Konsumen restoran ini makin hari makin bertambah, dan terlihat ada kesetiaan dari pelanggannya dilihat dari frekuensi kunjungan mereka.

1.2 Rumusan Masalah

Bagaimana tingkat kesetiaan pelanggan restoran ini berdasarkan tingkat kepuasan mereka?

1.3 Tujuan Penelitian

Dapat menjadi masukkan manajemen mengevaluasi keberhasilan dalam mengelolah restoran menghadapi pesaing yang makin ketat dan agresif.

1.4 Metodologi Penelitian

1. Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan konklusif, yang tujuannya untuk mendeskripsikan atribut-atribut kepuasan konsumen dan kesetiaan merek, kemudian dicari hubungan kausal antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek tersebut.

2. Populasi dan Sampel

Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen restoran The Prime Steak &Ribs yang berdomisili di Surabaya dengan sample diambil dengan cara acak sederhana berdasarkan nomor pengunjung dalam satu minggu pertama dan satu minggu terakhir dalam bulan Mei 2003, sebanyak 110 sampel.

3. Variabel

Peneliti melakukann deskripsi terhadap atribut pembentuk variabel kepuasan konsumen, maupun atribut pembentuk loyalitas merek melalui penilaian konsumen dengan berfokus kepada ukuran mean, range, dan standar deviasi, yang akan memberi gambaran tentang ukuran pemusatan maupun ukuran variasi masing-masing atribut

Tabel 1. Deskripsi Variabel Kepuasan Konsumen
Atr. Kepuasan N Range Mean St. dev
HARGA 100 4 3.76 .95
KUALITAS 100 3 4.02 .93
KEANDAL 100 3 3.64 .96
JAMINAN 100 4 3.88 1.02
KECEPATAN 100 3 3.74 .92
KESEDIAN 100 3 3.94 .89
KEMAMPUAN 100 4 3.86 .92
KESOPANAN 100 3 4.22 .81
PENYAMPAIAN 100 3 4.06 .84
KEMUDAHAN 100 4 4.08 1.00
PERMINTAAN 100 4 3.94 .97

1.5 Hipotesis 

Analisis yang dilakukan berdasarkan data dari 100 responden yang memenuhi
syarat untuk diolah lebih lanjut, 10 data responden dianggap tidak dapat digunakan
karena tidak lengkap.

1.6 Hasil Analisis

Kepuasan konsumen untuk beberapa atribut masih mempunyai variasi penilaian
yang tinggi, hal ini tentu berkaitan dengan segmentasi konsumen yang berbeda
dengan tuntutan pelayanan yang berbeda pula.
Atribut keseringan makan di restoran The Prime Steak & Ribs mempunyai nilai
yang rendah dapat merupakan suatu kelemahan dalam mengukur kesetiaan merek.

1.7 Rekomendasi

Diharapkan untuk penelitian selanjutnya agar dimasukkan variabel pengalaman belanja sebagai mediasi antara personal dan parchase decision dan kelompok referensi sebagai moderador antara kultur dengan purchase decision.

Referensi :

  1. http://kacibi.blogspot.com/2012/10/analisis-jurnal-2.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar