PENYEBAB KEGAGALAN DALAM BERBISNIS
Apa sih yang menyebabkan usaha kita tersendat? inilah beberapa alasannya:
1. Ketidakjelasan bisnis yang dijalankan
Pemilik
bisnis belum memutuskan pada nilai, visi, misi dan tujuan bisnis serta
rencana bisnis, sehingga tidak fokus apa bisnis yang dijalankan.
2. Rendahnya mental: tidak sabar, tamak dan bimbang
Pemilik
bisnis tidak realistis mengenai berapa lama untuk meraih hasil-hasil
bisnisnya, tidak sabar dalam mengambil hasilnya, dalam melakukan
pengeluaran biaya yang minimal dan tidak adanya pekerjaan yang khusus
atau fokus dalam menjalankan bisnis pada pertama.
3. Rendahnya penjualan, pelayanan dan buruknya hubungan
Kurangnya
semangat dalam bagian penjualan adalah faktor utama reaganhnya
penjualan yang merupakan salah satu alasan utama kegagalan dalam
berbisnis.
4. Rendahnya pengetahuan keuangan
Kekurangan
kemampuan atau rendah pengetahuan tentang Laporan Keuangan, pemilik
bisnis tidak mengetahui bagaimana mengaturnya atau terlalu sibuk.
5. Lemahnya sistem pengontrolan dan rendahnya disiplin
Lemahnya
sistem pengontrolan di setiap lini perusahaan, seperti penjualan,
persediaan, piutang, pengeluaran biaya operasi perusahaan terutama di
bidang penjualan; sistem penjualannya, cara pencapaian target, cara
mendapatkan pelanggan dengan biaya yang efisien, cara menjualnya, cara
pengiriman, metode penjualannya, harga jualnya, cara pemantauannya.
6. Kekurangan modal kerja
Modal kerja yang tidak cukup sering dihadapi oleh pemilik bisnis. Pemilik bisnis dulu terlalu optimis dan tidak sabar
7. Lemahnya perencanaan
Karena
perencanaan yang lemah, belum adanya rencana bisnis yang tertulis, baik
dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Pemilik bisnis bereaksi
terus menerus, bahkan menjadi kewalahan dengan pekerjaan yang harus
dilakukan.
Semua usaha pasti akan mengalami kendala, itu
adalah sesuatu yang wajar dan pasti ada juga jalan keluarnya, dibawah
ini akan dijelaskan beberapa cara mengatasinya.
10 cara mengatasi kegagalan berbisnis:
1. Target
Mungkin
tidak semua barang yang Anda tawarkan merupakan yang dibutuhkan orang.
Anda harus memiliki target pasar tertentu. Hal ini dilakukan karena
minimnya dana yang ada, atau target yang anda tuju sebagai upaya anda
untuk ekspansi ke segmen lainnya. Tetaplah fokus pada target pasar yang
Anda tuju dan kemudian bekerjalah dengan cara Anda.
2. Berani Tampil Beda
Apa
pun yang dilakukan pesaing Anda, jangan menirunya. Jadilah diri
sendiri, atau seorang pemberontak dan menyimpang dari kebiasaan umum
untuk memastikan bahwa apa yang Anda buat bisa dikenang dalam memori
orang untuk jangka panjang bukan jangka pendek.
3. Bentuk Tim Handal
Jangan
hanya merekrut karyawan untuk sekedar mengisi kekosongan, pilih mereka
yang benar-benar tertarik dengan bisnis Anda dan pertumbuhannya.
4. Jangan Lupa Mengucapkan Terima Kasih
Ini
mungkin tampak tidak penting bagi Anda. Tapi bagi pelanggan, mereka
akan merasa senang jika Anda mengungkapkan rasa terima kasih kepada
mereka ketika selesai melakukan bisnis dengan Anda. ini merupakan hal
kecil yang membuat pelanggan Anda datang kembali.
5. Manajemen Waktu
Waktu
merupakan aset Anda yang paling penting. Untuk itu, pastikan selalu
bahwa tenggat waktu yang Anda tawarkan terpenuhi dan cepat tanggap.
6. Konsistensi
Anda
dirasa perlu untuk mengetahui apa yang pelanggan Anda rasakan saat ini.
Karena biasanya apa yang pelanggan Anda rasakan saat ini akan sama
dengan apa yang mereka rasakan besok. Hal ini dimaksudkan untuk
memberikan layanan terbaik Anda lagi kepada mereka.
7. Senyum
Sekali
lagi, Hal ini terlihat sepele namun sangat menguntungkan bagi bisnis
Anda. kebanyakan dari perusahaan-perusahaan sukses mengharuskan kepada
pegawainya yang berinteraksi langsung dengan masyarakat untuk selalu
tersenyum, agar mereka mendapatkan pelanggan dan memuaskan para klien
dan konsumen. Senyum bisa sebagai tanda pujian atau kesan Anda pada
pelanggan.
8. Optimis
Sikap positif selalu dibutuhkan dalam
menjalankan usaha kecil. Ingat sifat optimis secara tidak langsung akan
mengantarkan Anda menjadi pribadi yang tangguh, pantang menyerah, dan
tentunya tetap semangat mengadapi segala rintangan. Ingat, tanpa adanya
optimisne bisa dipastikan bisnis anda tidak akan mampu bertahan lama
mengahdapi gempuran persaingan pasar dari para competitor.
9. Jangan Menjual Terlalu Keras
Soft selling adalah pilihan Anda. Hard selling agresif hanya akan membuat pelanggan ingin menjauh dari Anda.
10. Jangan Berpikir Sempit
Cobalah
untuk meninggalkan kenyamanan kecil Anda dan mengeksplorasi hal-hal
baru di luar sana. Dengan begitu Anda akan menemukan cara yang tidak
terpikirkan sebelumnya.
http://ayrusia.blogspot.com/2012/10/7-penyebab-utama-kegagalan-dalam.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar